Jumat, 04 Mei 2012

Menyetel Katup Toyota Kijang 5k


Tujuan penyetelan katup adalah :
1.)    Pertama, untuk menjamin efisiensi pemasukan campuran bahan bakar dengan udara kedalam sylinder untuk dikompresikan untuk pembakaran untuk memperoleh power yang diharapkan dan pengeluaran.
2.)    Kedua, untuk menjamin efisiensi pembuangan gas bekas pembakaran untuk keluar dari dalam sylinder ke udara bebas melalui exhaust manifold.
3.)    Ketiga, adalah untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluaran pada setiap sylinder mendekati sama/sama
Kesalahan dalam penyetelan katup dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.)    Stelan katup terlalu rapat akan mengakibatkan katup membuka lebih awal, hal ini akan dapat mengakibatkan tekanan kompresi rendah dan kehilangan tenaga.
2.)    Stelan katup terlalu renggang, dapat mengakibatkan katup membuka akan terlambat, hal ini dapat mengakibatkan kuantitas pemasukan dan pembuangan rendah.
3.)    Stelan katup antar sylinder tidak sama maka pemasukan dan pembuangan tidak sama, hal ini dapat mengakibatkan engine hanting, karena power antar sylinder berbeda sehingga engine bergetar dan suara katup tidak beraturan.
Langkah-langkah Menyetel Katup :
1. Tempatkan Silinder 1 pada posisi TMA / akhir langkah kompresi melalui ciri-ciri sebagai berikut :
a.       Melihat tanda di Pulley/Roda gila(Flywell)
Untuk mesin umumnya sudah disertakan tanda TDC yaitu biasanya tanda pada pulley harus lurus dengan angka NOL (0) pada body mesin, atau yang berada pada roda gila tanda angka NOL/ huruf T harus lurus dengan tanda pada body.
b.       Melihat posisi nok as / noken as (cam shaft)

 Gambar A.1 Mentopkan Engine

Nok as pada silinder yang TDC posisi roker arm kondisi bebas/ renggang tidak menekan batang valve. Periksa kerengangan batang valve/conecting rod dengan membuka lubang pemasukan oli di tutup kepala silinder, kemudian memasukan jari tangan untuk memastikan memutarnya batang valve.
a.       Melihat arah rotor distributor.
Untuk Setting timing yang sudah benar bisa juga di lihat dari arah rotor distributor, apabila mengarah ke busi no.2 (saat tutup distributor dilepas) atau kabel busi no.1 (saat tutup distributor dipasang) berarti top silinder 1.
2. Longgarkan baut penyetel katup
3. Stel Klep 1-2-3-5 dengan menggunakan Feeler Gauge ukuran :
- intake                : 0,20 mm
- exhaust             : 0,30 mm
Sisipkan feeler gauge antara rocker arm dengan batang katup. Setelah didapat celah yang tepat kunci kembali baut penyetel klep.

 Gambar A.2 Menyetel Katup

4. Putar Kembali Pulley 360o atau satu putaran (kembali ke 0o)
5. Stel katup no. 4-6-7-8 lakukan cara seperti td.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar