Jumat, 04 Mei 2012

Karburator Kijang 5k

Tenaga mesin pada motor bakar bensin dihasilkan dari pemba­karan campuran udara dan bensin, untuk memperoleh campuran udara dan bensin sesuai dengan kondisi kerja dari suatu mesin, diguna­kan karburator. Dengan demikian karburator merupakan bagian yang penting, untuk memperoleh hasil kerja mesin yang maksimum dan efisien.


Gambar C.1 Karburator

A.)   Menyetel Campuran Udara dan Bahan Bakar
Menyetel Campuran Udara dan Bahan Bakar berfungsi untuk memperoleh putaran mesin yang lembut. Caranya dengan Memutar kekanan penuh sekrup penyetel campuran bensin dan bahan bakar, lalu putar kekiri pelan-pelan 1 ½ atau 2 putaran sampai didengar putaran mesin tertinggi.
B.)   Menyetel Putaran Idle
Penyetelan putaran idle sangat penting mengingat menyetel ini juga mempengaruhi campuran idle bensin dan udara yang berman­faat mempertahankan tingkat kerja yang maksimum dari mesin. Sebelum mengadakan penyetelan idle pada mesin 5K Kijang, hendak­nya memperhatikan hal-hal sebagai berikut: saringan udara sudah dibersihkan dan terpasang kembali pada tempatnya, suhu kerja mesin 85-90 derajat celcius dan semua perlengkapan tambahan dimatikan. Transmisi pada posisi netral (N) dan waktu pengapian telah tepat (5 derajat) serta tacho-meter dan CO meter sudah terpasang. Putarlah penyetel RPM (1) sampai tacho meter menunjukkan 800, kemudian putarlah sekrup penyetel idle (2) sampai meter menunjukkan putaran mesin maksimum. Setelah itu kembali sekrup penyetel RPM diputar sampai RPM mencapai 800.

5 komentar: