Tujuan
penyetelan katup adalah :
1.) Pertama, untuk menjamin efisiensi pemasukan
campuran bahan bakar dengan udara kedalam sylinder untuk dikompresikan untuk
pembakaran untuk memperoleh power yang diharapkan dan pengeluaran.
2.) Kedua, untuk menjamin efisiensi pembuangan
gas bekas pembakaran untuk keluar dari dalam sylinder ke udara bebas melalui
exhaust manifold.
3.) Ketiga, adalah untuk menjamin kondisi
pemasukan dan pengeluaran pada setiap sylinder mendekati sama/sama
Kesalahan
dalam penyetelan katup dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.) Stelan katup terlalu rapat akan mengakibatkan
katup membuka lebih awal, hal ini akan dapat mengakibatkan tekanan kompresi
rendah dan kehilangan tenaga.
2.) Stelan katup terlalu renggang, dapat
mengakibatkan katup membuka akan terlambat, hal ini dapat mengakibatkan
kuantitas pemasukan dan pembuangan rendah.
3.) Stelan katup antar sylinder tidak sama maka
pemasukan dan pembuangan tidak sama, hal ini dapat mengakibatkan engine hanting,
karena power antar sylinder berbeda sehingga engine bergetar dan suara katup
tidak beraturan.
Langkah-langkah Menyetel Katup :
1. Tempatkan Silinder 1 pada
posisi TMA / akhir langkah kompresi melalui ciri-ciri sebagai berikut :
a.
Melihat
tanda di Pulley/Roda gila(Flywell)
Untuk mesin umumnya sudah
disertakan tanda TDC yaitu biasanya tanda pada pulley harus lurus dengan angka
NOL (0) pada body mesin, atau yang berada pada roda gila tanda angka NOL/ huruf
T harus lurus dengan tanda pada body.
b.
Melihat
posisi nok as / noken as (cam shaft)
Gambar A.1
Mentopkan Engine
Nok as pada silinder yang TDC
posisi roker arm kondisi bebas/ renggang tidak menekan batang valve. Periksa
kerengangan batang valve/conecting rod dengan membuka lubang pemasukan oli di
tutup kepala silinder, kemudian memasukan jari tangan untuk memastikan
memutarnya batang valve.
a.
Melihat arah
rotor distributor.
Untuk Setting timing yang sudah
benar bisa juga di lihat dari arah rotor distributor, apabila mengarah ke busi
no.2 (saat tutup distributor dilepas) atau kabel busi no.1 (saat tutup
distributor dipasang) berarti top silinder 1.
2.
Longgarkan baut penyetel katup
3. Stel Klep
1-2-3-5 dengan menggunakan Feeler Gauge ukuran :
- intake :
0,20 mm
- exhaust :
0,30 mm
Sisipkan feeler gauge antara rocker arm
dengan batang katup. Setelah didapat celah yang tepat kunci kembali baut
penyetel klep.
Gambar
A.2 Menyetel Katup
4. Putar
Kembali Pulley 360o atau satu putaran (kembali ke 0o)
5. Stel katup
no. 4-6-7-8 lakukan cara seperti td.
Bg..kijang Saya K5 tapi Saya gak nemu Tanda di roda gila pulleynya itu utk menentukan top nya, angka derajatnya yg di crankcase ada
BalasHapusSangat membantu,
BalasHapusMau tanya top 4 nya ga pas di nol 0 tu gmn iya? Mksh
BalasHapusMantab. 2 kali putar stell klep 8.
BalasHapusTrims banyak.